Responsive image

SEJARAH MITRA GAMA

Wilayah Kabupaten Bengkalis terletak pada bagian timur pulau Sumatra, luas wilayah Kabupaten Bengkalis 11.481,77 km2 yang terdiri dari daratan, pulau-pulau dan lautan. Batas Kabupaten Bengkalis adalah: sebelah Utara dengan Selat Malaka, sebelah Selatan dengan Kabupaten Siak, sebelah Barat dengan Kabupaten Rokan Hilir dan sebelah Timur dengan Kota Dumai dan Provinsi Kepulauan Riau. Dan diantara kecamatan-kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Kecamatan Mandau merupakan kecamatan terluas yaitu 3.440,47 km2. jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis berdasarkan sensus penduduk tahun 2000 keadaan per 30 Juni 2000 berjumlah 518.947 jiwa, dan Kecamatan Mandau berpenduduk 195.243 jiwa (sumber: Kantor Statistik Kabupaten Bengkalis).
Kabupaten Bengkalis merupakan daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Ladang-ladang dan sumur-sumur minyak tersebut terbanyak berada di Kecamatan Mandau (kota Duri). Kota Duri merupakan pusat operasional perusahaan raksasa minyak PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang merupakan perusahaan kontrak bagi hasil dengan pemerintah RI. Mata pencaharian pokok penduduk Kabupaten Bengkalis adalah karyawan perusahaan pertambangan, perkebunan, pertanian, nelayan, pedagang, wiraswastawan, disamping itu juga pada berbagai industri dan instansi pemerintah. Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang sangat kaya potensi sumber daya alamnya. Tentu saja sumber daya alam yang berlimpah, posisi strategis geografis yang menguntungkan tidak akan berarti tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal dan memadai dalam penguasaan teknologi dan informasi.
Awal Agustus tahun 1999 bersama Nelfarita, Hadi Abdul Gani dan Dr. Fidel Fu’adi mendirikan Lembaga Pendidikan Ketrampilan Mitra Gama. Menyelenggarakan pelatihan keterampilan terapan bahasa Inggris dan Komputer. Sambutan masyarakat kota Duri terhadap kehadiran LPK Mitra Gama sangat bagus, laboratorium dengan 10 unit komputer Pentium I, selalu dipenuhi oleh para warga belajar, hampir semua jadwal terpenuhi. Demikian juga dengan rumpun belajar Bahasa Inggris juga sangat ramai.
Pada tahun 2001 LPK Mitra Gama menyelenggarakan pendidikan 1 (satu) tahun yang diperkenalkan sebagai Program Pendidikan Keahlian 1 Tahun (PPK-1). Pendidikan dengan intensitas pelatihan komputer dan soft skill lainnya yang lebih padat. Jumlah partisipan 70 orang lulusan SMA dan sederajat, angka yang cukup besar mengingat program semacam ini baru pertama kali ada di kota Duri.
Alhamdulillah niat, dedikasi dan orientasi adalah ibadah, maka dibandingkan Lembaga Pendidikan Keterampilan lain yang ada di kota Duri, Mitra Gama lebih diminati oleh masyarakat. Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, kemudahan dan keberkahan. Seiring berjalannya Yayasan Pendidikan Mitra Gama kemudian mengajukan diri untuk menjadi perguruan tinggi. Hanya karena berkah, rahmat dan karunia dari Allah SWT, Tahun 2002 terbit izin operasional AMIK MITRA GAMA DURI.
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Mitra Gama dengan membuka 2 (dua) Program Studi, yaitu: Program Studi Manajemen Informatika (jenjang Diploma III). Program Studi Teknik Komputer (jenjang Diploma III).
Dalam Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dijelaskan bahwa tujuan dari pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Visi dan tekad adalah rahasia keajaiban, kerja keras yang disertai do’a untuk menyongsong keberkahan dari Allah SWT sehingga Lembaga ini semakin exist. Kepercayaan dari masyarakat semakin tumbuh. Tahun 2007 adalah pencanangan menghidupkan arus pemikiran untuk pembangunan kampus. Pencanangan ini tidaklah terlalu mudah karena sebagian besar merasa kurang yakin akan kesungguhan proyek tersebut, tetapi hal inilah yang menjadi cambuk untuk menyegerakan terwujudnya kampus yang representatif. Dan tahun berikutnya mulai peletakan fondasi gedung kuliah, sampai hingga sekarang dengan berbagai sarana dan prasarana yang cukup nyaman dan representatif.
Kembali
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
KALENDER AKADEMIK
STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung hari ini : 7
Pengunjung bulan ini : 220
Total pengunjung : 47327